Bangsa Kopi, Negeri Yang Cinta Damai


Bangsa Kopi, Negeri Yang Cinta Damai
Hijau terhampar mengikuti lekuk bumi. Semilir angin mengangangguk dan menggelengkan tiap pucuk dedaunan yang royo-royo. Damai dan indah tercipta oleh alam menyatu dengan kreatifitas tangan manusia. Perkebunan kopi. 

**
Senyum dan riang hati terselip pada tiap jumput kopi dan gula. Mengirip tiap goyang sendok dalam cangkir. Kadang pagi,  kadang siang, bahkan kadang malam hari. Ada getar asmara saat cangkir itu dia letakkan diatas meja. Yang lagi dan lagi terimbuhi mesra penguat rasa. Secangkir kopi wujud darimanivestasi cinta seorang istri.

**
Disana, di luar sana, hiruk pikuk orang, diatas hamparan paving blok. Sekolompok orang menyembah Tuhannya. Tidak memilih melakukan rumah-rumah peribadatannya karena adanya kepentingan yang tercampir aduk. Diujung peribadatannya, ada yang memimpin menekan Tuhan agar mendukung keinginannya. Aneh..?.  Tidak, karena memang entah mereka sadar atau tidak. 

**
Duduk diatas kursi, mengitari meja kecil. Beberapa orang nampak serius ngobrol. Satu orang mendominasi obrolan, kadang dengan roman sedih, terkadangpula dengan mimik muka yang bahagia terpaksa. Sementara orang lainnya begitu serius memperhatikan kawannya berbicara. Mereka bersaudara diruang warung kopi. 

**
Kawan, umumnya seseorang, sendiri ataupun bersama dengan sahabatnya, kencan di warung kopi untuk sekedar melepas penat, bercengkerama, kangen-kangenan bahkan sekedar saling tukar pikiran dan tukar persoalan.

Menikmati persahabatan rasa persaudaraan bersama secangkir kopi. Bukan untuk saling mencela,  apalagi saling membinasa. 

Era kekinian, kopi telah jadi sarana pelampiasan segala gundah dalam hati dan pikiran, entah itu terkait pekerjaan ataupun asmara. Maka, tak heran kebutuhan untuk ngopi kian kuat. Dan kreatifitas kian beragam dari kata kunci 'kopi' untuk menjawabnya. 

Kopi adalah simbol persahabatan,  kopi adalah simbol persaudaraan,  kopi adalah simbol kehangatan, dan bahkan kopi adalah simbol dan manivestasi cinta seorang istri.

Bangsa Kopi adalah cinta damai, tidak seperti di negeri sana, yang rakyatnya gemar berselisih paham,  berangkat dari hampir segala persoalan yang dibungkus dengan kata 'agama'. 

baca juga :

Bangsa Kopi, Negeri Yang Cinta Damai Bangsa Kopi, Negeri Yang Cinta Damai   Reviewed by p on 12/03/2019 Rating: 5

No comments: