Penikmat Kopi Wajib Tau Ciri Media Kredible


Penikmat Kopi Wajib Tau Ciri Media Kredible
Penikmat kopi dimanapun berada, agar tak mengganggu kenikmatan Kopi, atau bahkan meracuni kopi kita. Inilah ciri-ciri media kredible yang informasinya bisa kita yakini kebenarannya, dan bukan media penebar hoax.

1.      Menggunakan domain premium
Berita kredible merupakan produk jurnalistik yang disiarkan media kredible pula. Media kredible dapat dipastikan menggunakan domain premium atau berbayar. Meski berita tersebut dikerjakan dengan gaya penulisan khas jurnalistik, jika dimuat menggunakan hosting dan domain gratisan (free) seperti wordpress dan blogspot, maka berita tersebut tidak bisa diyakini sebagai informasi yang valid.

a.      Contoh nama media kredible dengan domain premium : www.anu.com
b.      Contoh nama media berita tidak kredible dengan domain gratisan : www.anu.blogspot.com atau www.anu.wordpres.com.

Apakah berita yang disajikan dengan domain premium bisa dipastikan valid, dan media tersebut kredible?. Belum cukup. Karena domain bisa premium, tetapi hosting tetap gratisan. (InsyaAlloh akan dibahas pada tulisan lain).

2.      Badan Hukum
Reformasi telah membuka seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi, yang ditandai dengan lahirnya Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang pers. Lahirnya undang-undang ini dimaknai sejumlah oknum sebagai kebebasan seluas-luasnya untuk mendirikan media pemberitaan, tanpa memperhatikan kewajiban untuk melengkapinya dengan badan hukum sebagai payung yang jelas bagi perusahaannya.

Hal ini juga dilihat sebagai celah bagi para oknum tidak bertanggung-jawab untuk membuat media, terutama online dengan sebebas-bebasnya. Tentunya ini juga peluang bisnis yang besar bagi kalangan penyedia hosting-domain berbayar. Yang akan langsung melayani siapapun yang membeli hosting – domain.

Media kredible pasti akan mencantumkan status perusahaannya, baik dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) maupun Commanditaire Ventnootschap (CV) atau Perusahaan Komanditer.

Jika media tersebut tidak mencantumkan Badan Hukum ini, dapat dipastikan media tersebut abal-abal alias tidak kredible.

baca juga :



3.      Pencantuman Penulis dan Editor
Berita kredible dapat dipastikan akan mencantumkan nama penulis atau pewarta atau jurnalis atau wartawannya, serta mencantumkan editor dari tulisan tersebut.

Karena kebanggaan seorang jurnalis adalah ketika naskah beritanya dimuat pada medianya. Dan editor selaku penanggung jawab setelah dimuatnya berita tersebut, karena si editor bertugas untuk menyaring naskah berita yang disodorkan oleh jurnalis, apakah layak dimuat atau tidak layak.

4.      Susunan Redaksi
Sebuah berita memiliki implikasi yang luas dan penting, yang akan berdampak positif dan negatif bagi masyarakat. Sehingga, semua berita harus dapat dipertanggung jawabkan. Dan jurnalistik sebagai salah satu pilar demokrasi merupakan salah satu profesi bergengsi ditengah masyarakat.

Sehingga, seseorang akan sangat berbangga ketika namanya tercantum dalam susunan redaksi suatu media, entah sebagai reporter, kontributor, redaktur, koordinator liputan hingga pemimpin redaksi.

Jika suatu media tidak mencantumkan susunan redaksinya, tentu dapat dipastikan berita tersebut bohong, dan hanya sekedar isu.

5.    Narasumber
Media dan jurnalis profesional, akan mengetahui narasumber berkompeten sebagai penguat berita untuk dimintai pendapatnya terkait isu yang dia tanyakan. Karena seorang jurnalis profesional yang memahami kode etik jurnalistik, akan mengerti cara menentukan narasumber.

6.     Berpihak kepada yang benar, kepentingan umum
Berita yang valid, akan selalu disajikan dengan seimbang (balance), tidak berpihak kepada satu kelompok sehingga nampak tendensius. Misal, ketika berita tersebut berkaitan dengan nama baik seseorang atau kelompok, maka si jurnalis wajib memintai keterangan dari pihak-pihak terkait. Tidak boleh disajikan hanya dari satu narasumber, jika berita tersebut menyangkut seseorang atau kelompok lain.

baca juga : 



7.      Provokatif dan konfrontatif
Pemilihan kata yang sopan, baik dan benar, dalam artian tidak berpotensi membenturkan para pihak menjadi hal yang sangat utama dan penting. Media dan jurnalis yang benar akan menghindari sajian berita yang dapat menimbulkan konflik baru.

8.      Foto
Kode etik jurnalistik juga mengatur soal foto yang dimuat suatu media. Foto yang sesuai dengan aturan kode etik tidak hanya menyangkut hak karya, tetapi juga sopan-santun. Misal, media tidak boleh memuat foto wajah anak dibawah umur korban kekerasan seksual, foto berdarah dan kasus hukum yang belum jelas statusnya.

Intinya adalah, seorang pembaca harus mencermati setiap berita atau informasi yang dia terima. Sehingga tidak akan mudah termakan hoax. Dengan begitu, kita dapat selalu menikmati tiap tegukan kopi. 

foto capture google

#bangsakopi  #bangsatkopi
#kopination  #warungkopi
#kopisusu  #kopipanas

Penikmat Kopi Wajib Tau Ciri Media Kredible Penikmat Kopi Wajib Tau Ciri Media Kredible Reviewed by p on 9/23/2018 Rating: 5

No comments: